Persipura Juara ISL, Arema Dan Persib Berebut Runner UP

boaz_svd[prediksi]
ebook khas: Siapa juara ISL 2012/2013? So pasti Persipura Jayapura. Dengan raihan point 41, ia tak terkalahkan, meraih 12 kali menang dan lima kali seri. Apalagi dalam sejarah ISL lima tahun terakhir, selalu terbukti, juara paruh musim akan jadi juara. Meskipun pelatih Jackson F Tiago tidak memedulikan kenyataan dan statistik itu, namun peluang sangat besar memang dipegang Persipura untuk jadi juara ISL musim ini.

“Kami tetap harus berjuang untuk juara. Kompetisi sekarang sangat ketat. Ada lima tim pantas dan ingin juara. Kami tidak peduli statistik dan sejarah bahwa juara paruh musim akan juara ISL. Tanpa melanjutkan perjuangan, disertai berdoa kepada Tuhan, PSSI tidak akan mungkin memberikan gelar juara ISL kepada Persipura,” katanya.

Mari kita utak-utik, klub mana saja yang akan menghambat Persipura. Sudah jelas, tiga tim terbaik ISL (selain Persipura) akan menjadi hambatan bagi Persipura, yaitu Arema Cronous, Sriwijaya FC dan Persib Bandung. Beruntung bagi Persipura, melawan SFC dan Persib akan dilangsungkan di Jayapura. Jadi satu-satunya ancaman besar adalah melawan Arema di Malang. Bisa jadi, ini akan menjadi kekalahan pertama Persipura di ISL musim ini.

Sedangkan menjamu SFC dan Persib, meskipun akan berat, namun sulit bagi dua tim tamu mengalahkan tuan rumah. Paling sial, Persipura meraih hasil imbang melawan dua tim itu. Anggap saja, Persipura mengalami kesialan, dan hanya meraih dua point melawan tiga tim, yaitu kalah dari Arema dan imbang melawan SFC dan Persib.

Sisa 14 pertandingan melawan 14 klub lain di putaran kedua, Persipura tentu akan menyapu bersih, sehingga point yang akan diraih adalah 44 point. Maka di akhir kompetisi, Persipura akan meraih 85 point! Suatu jumah yang mustahil direngkuh tim lain.

OK, tidak setiap saat Persipura dalam kondisi sempurna, sehingga mungkin saja tersandung oleh klub lain, selain Arema, SFC dan Persib. Siapa kira-kira klub yang akan memberikan ancaman? Dua tim yang memiliki kans untuk mengurangi point Persipura adalah Persiwa Wamena, Persiram Raja Ampat, Barito Putra, Mitra Kukar, dan Persija Jakarta. Anggap saja tiga tim di antaranya berhasil menahan imbang Persipura, maka nilai Persipura juga masih tetap besar, yaitu 79 point. Jadi, dengan stabilitas Persipura yang terjaga, maka presidksi ini sepertinya akan menjadi kenyataan, Persipura juara ISL 2012/1023, dengan raihan minimal 79 point!

Trio Pesaing

Trio pesaing Persipura untuk meraih gelar juara adalah Arema, SFC dan Persib Bandung. Sebenarnya Mitra Kukar menjadi harapan baru di awal kompetisi, namun konsistensi dan stabilitas tim yang tidak terjaga, membuat Mitra kelabakan dan mulai kedodoran di akhir putaran pertama. Jadi memang trio tim itu yang akan menjadi pesaing Persipura untuk menguasai ISL musim ini. Tanpa adanya trio tim ini, rasanya kompetisi akan hambar, karena Persipura akan merajalela.

Ketiganya hanya berselisih satu point saja, jadi ketiganya juga akan bersaing hingga akhir kompetisi, dan ini akan membuat kompetisi menjadi menarik dan menegangkan. Arema dan SFC 35 point, sedangkan Persib 34 point. Artinya, jika Arema, SFC dan Persib ingin juara, ketiganya harus mampu merebut 80 point di akhir kompetisi. Mampukah? Itu mengharuskan Arema dan SFC ‘minimal’ harus meraih 45 point, sedangkan Persib ‘minimal’ harus merebut 46 point. Sungguh perjuangan teramat sangat berat.

Tetapi masih ada 17 pertandingan, sehingga tiga tim itu masih memiliki peluang untuk meraih 51 point maksimal. Jika itu harus ditempuh, maka Arema dan SFC harus menang 15 kali untuk meraih 45 point, dan hanya boleh dua kali kalah. Sedangkan Persib harus merebut 15 kemenangan ditambah satu kali seri, dan hanya boleh satu kali kalah. Berat sekali!

Arema

Apabila Arema menang atas Persipura, maka peluang semakin terbuka, karena pesaingnya Persib, juga akan dihadapi di kandang. Jadi syarat untuk menjadi juara, Arema harus mengalahkan Persipura dan Persib di kandang. Lalu siapa tim yang akan menjadi ganjalan Arema selain Persipura dan Persib? Ada beberapa tim, di antaranya adalah SFC, Mitra Kukar, Persisam Putra, dan Persegres. Keempatnya akan dihadapi di luar kandang.

Jadi intinya, Arema harus konsentrasi penuh saat menjamu Persipura dan Persib di Kanjuruhan, dan waspada menghadapi SFC, Mitra Kukar, Persiram dan Persegres di luar kandang. Tim lain, tidak perlu diwaspadai, diyakini akan dilahap buas oleh Arema. Jika Arema sukses menekuk Persipura dan Persib di Kanjuruhan, dan hanya kalah dua kali melawan dua di antara empat klub itu (SFC, Mitra Kukar, Persisam Putra, dan Presegres), maka Malang dan Kanjuruhan dipastikan akan meledak, karena “The Blues Force” Bledeg Biru akan kembali juara ISL musim ini.

Dari prediksi selepas putaran pertama, kemungkinan besar perjalanan Arema akan ditentukan melawan Persipura dan Persib di kandang. Jika keduanya dilumat, maka sulit tim lain menahan laju Arema. Persoalannya adalah, apakah Persipura dan Persib akan menyerah? Tentu tidak. Seandainya Arema tidak dinaungi keberuntungan, maka kedua pertarungan ‘big match’ itu bisa berakhir imbang, sehingga Arema harus kehilangan 4 point. Sangat merugikan.

Jika diutak-utik, maka salah satu dari pertandingan melawan Persipura dan Persib akan dimenangi Arema, dan satu lagi berakhir imbang. Kemudian, kemungkinannya, Arema akan kesulitan bertanding di Palembang (SFC), dan di kandang Persisam Putra, Mitra Kukar, dan Persegres, sehingga besar kemungkinan Arema di putaran kedua ini akan mengalami paling tidak dua kekalahan, empat kali imbang dan 11 kali menang, dan akan meraih 37 point. Jika dijumlah, maka di akhir kompetisi, Arema hanya akan meraih 72 point. Artinya? Mustahil menyalip Persipura.

SFC Palembang

Dua kemenangan SFC di kandang Persidafon dan Persiram di akhir putaran pertama melonjakkan SFC ke papan atas klasemen, terlepas dari persoalan internal yang dihadapi Persiadfon. Kita melihat, masuknya Erick Weeks, membuat SFC menjadi salah satu kandidat serius untuk menjadi pesaing Persipura, Arema dan Persib di papan tas.

Namun di putaran kedua, SFC akan mendapat hambatan berat, bertandang ke kandang Persipura, Persiwa dan Persib. Belum lagi tiga kuda hitam dari Kalimantan, Mitra Kukar, Persisam dan Barito Putra, dan tentu saja Arema, yang diyakini akan menjadi ancaman tambahan bagi SFC.

Berdasarkan evaluasi putaran pertama, tampaknya sulit bagi SFC untuk menang di kandang Persipura, Persiwa dan Persib. Kemudian, pertarungan melawan Arema meski di kandang, bukan jaminan bisa meraih tiga angka. Demikian juga saat menghadapi tiga tim Kalimantan. Prediksinya, SFC akan menelan kekalahan empat kali di putaran kedua, tiga kali imbang, dan meraih 10 kali kemenangan, sehingga hanya akan merebut 33 point. Artinya, di akhir kompetisi SFC akan meraih 68 point. Dengan raihan itu, SFC sepertinya harus rela dan puas untuk berada di luar Dua Besar.

Persib Bandung

Awal putaran kedua sepertinya akan memberikan peluang cukup baik bagi Persib, karena akan melawan dua tim Jatim yang sedang terpuruk mentalnya, yaitu Persepam MU dan Persela Lamongan. Berbeda dengan Persipura dan Arema yang harus saling membunuh, serta SFC yang harus menghadapi tantangan duo Papua, Persiram dan Persidafon. Dengan tambahan enam point di kandang, Persib bisa saja menyodok sementara ke posisi dua jika Arema dan SFC tertahan oleh tim-tim dari Papua.

Namun perjalanan Persib tetap terjal, karena harus bertarung ke kandang Arema, Persiwa dan Persipura, termasuk masuk ke kandang macan Persija yang selalu menyulitkan. Juga jangan lupa, Barito Putra sudah menunggu di Banjarmasin. SFC juga akan menjadi tantangan sendiri, meskipun akan bermain di Bandung. Selebihnya, Persib akan melahap klub lain, termasuk Persisam Putra dan Mitra Kukar, yang tidak pernah sukses bermain di Bandung.

Dari utak-utik ini, Persib sepertinya akan menelan kekalahan tiga kali, tiga kali imbang, dan menang 11 kali, dan meraih 36 point di putaran kedua, sehingga di akhir kompetisi akan meraih 70 point. Denghan raihan itu, Persib tampaknya akan menjadikan Arema sebagai pesaing terberat mereka untuk merebut posisi dua, karena secara realistis, untuk juara cukup sulit. Jarak point dengan Persipura saat ini adalah 7 point. Berat untuk mengejar angka itu, apalagi Persipura sangat konsisten.

Catch All

Dari prediksi di atas, berdasarkan perjalanan tim-tim ISL di putaran pertama, maka tampaknya sangat sulit untuk menahan Persipura ke tangga juara ISL musim ini. Pertarungan justru akan sangat keras terjadi antara tiga tim untuk memperebutkan posisi runner up, yaitu Arema, SFC dan Persib. Dari kondisi ini, hasil pertemuan antara Arema vs Persipura, Arema vs Persiwa, Arema vs Persib, SFC vs Arema, Persipura vs Persib, Persipura vs SFC, dan Persib vs SFC, akan sangat menentukan. Namun secara umum, cukup realistis apabila hanya Arema dan Persib yang akan berebut posisi runner up.

Tetapi nanti dulu!
Prediksi di atas bisa tiba-tiba saja berubah secara drastis, dan Persib serta SFC-lah yang akan meraih peluang dan keberuntungan untuk tampil sebagai juara ISL musim ini. Apa pasal?
Ini dia: Penunjukkan Jackson F Tiago sebagai pelatih timnas senior dan Rachmat Darmawan sebagai pelatih SEA Games Myanmar 2013, jika gagal diantisipasi manajemen, dan para pemain dari kedua tim tidak langsung nyetel dengan pelatih baru, maka kedua tim akan anjlok di putaran kedua. Jika JFT dan RD masih nyambi sebagai pelatih klub, namun keduanya tidak berhasil berkonsentrasi, akibatnya sama, Persipura dan Arema akan sulit mempertahankan stabilitas tim.

Artinya, di luar soal hal teknis, jika itu terjadi, maka bersiaplah Persib dan SFC untuk melihat peluang ini, dan menerobos ke puncak klasemen. Meski kemungkinan itu di bawah 50 persen, namun tidak ada salahnya Bandung dan Palembang ‘bermimpi’ untuk bersiap-siap berpesta menyambut gelar juara ISL musim 2012/2013! – yayat s. soelaeman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s