7 Langkah Menuju Bahagia

dong yi (hhj) -view1

ebook khas: Dalam sebuah survei di Eropa, hanya sedikit yang mampu menjawab pertanyaan, seberapa besar mereka mengerti akan arti kebahagiaan. Selebihnya mereka tidak mampu menjawab tentang apa yang disebut kebahagiaan. Jika ada yang terpaksa menjawab, maka hampir seluruhnya menjawab mereka tidak pernah merasa benar-benar bahagia dalam hidupnya.
Namun sesungguhnya semua orang ingin mengetahui tentang arti dan rumus KEBAHAGIAAN, meskipun itu tidak selalu sederhana. Marilah kita mencoba untuk mencari hal-hal yang dapat kita lakukan untuk membuat hidup sedikit lebih positif. Anda tidak dapat mengubah gen kelahiran Anda.  Beberapa dari kita memiliki hubungan rumit dengan kebahagiaan daripada yang lain. Namun apa yang dapat kita UBAH adalah MEMILIH LANGKAH untuk meningkatkan  KEADAAN PIKIRAN kita. Mudah-mudahan, kita akan sedikit dapat menjawab tentang BAGAIMANA MENJADI BAHAGIA dan hal-hal apa yang DAPAT KITA LAKUKAN untuk MELETAKKAN SENYUM di wajah kita.

Berikut 7  tips bagaimana menjadi bahagia!

1. Bersikaplah POSITIF:

Fakta membuktikan bahwa hal-hal (suatu kejadian) dan orang-orang di sekitar kita memiliki efek besar pada diri kita, bahkan dapat memberikan kebahagiaan serta memengaruhi pikiran kita. Jadi, “Matikan masukan negatif, nyalakan masukan yang positif!” Sangat penting untuk membersihkan [menjauhkan] diri dari orang-orang yang akan membawa Anda kepada kesulitan dan kegagalan, sebaliknya tempatkanlah hal-hal dalam perspektif yang positif sehingga dapat membuat pikiran Anda sehat.

Jadi, pikirkan hal-hal penting dalam hidup Anda. Dekati dan raih hal-hal yang dapat membawa Anda kepada kehangatan dan yang dapat membersihkan kekotoran hati. Langkah ringan yang penting: Silakan sesekali menonton film dan acara TV yang lucu, baca buku yang memberi semangat (motivasi) atau inspirasi, misalnya buku otobiografi. Boleh juga mendengarkan musik yang Anda senangi sehingga dapat mengangkat suasana hati Anda. Lagu balada adalah dianjurkan untuk didengarkan.

2. Hitung berkah Anda

Kadang-kadang Anda tidak menyadari betapa sebenarnya Anda telah memperoleh nikmat, rahmat dan karunia yang jauh lebih baik dibanding orang lain dalam hidup ini. Cobalah mengisi buku harian Anda setiap hari dengan jujur, dan susun daftar kejadian, dan Anda pasti akan kagum karena begitu banyaknya hal yang Anda peroleh.

Jika Anda percaya; keadaan sehat, tidak celaka, tidak tertimpa musibah, bisa makan, bisa minum, bisa beribadah, dan bisa menolong orang, adalah daftar berkah yang Anda peroleh yang selama ini kita remehkan. Jika demikian, bersyukurlah! Begitu juga ketika hari itu Anda tidak mencuri, tidak menghina orang, tidak memaki, tidak menyakiti orang, menutup aurat, menjaga pandangan, maka betapa banyaknya berkah yang Anda peroleh.

3. Dapatkan hobi

Anda mungkin tidak tahu, bahwa hobi Anda akan sangat menolong membersihkan dan menenteramkan hati Anda. Jadi, lakukan hobi Anda secara teratur, dan yakinlah bahwa itu akan meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda. Jangan larut dalam hobi Anda, tetapi juga jangan tinggalkan hobi Anda. Melakukan hobi secara teratur dipercaya menjadi salah satu teknik penting untuk meningkatkan pola berpikir positif seseorang. Menjalankan hobi benar-benar mengubah kimia otak dan melepaskan serotonin dan dopamine!” Zat itu adalah hormon yang terhubung ke perasaan bahagia. Try it!

4. Gerakkan Tubuh Anda & Berteriaklah

Anda dapat mengubah pikiran Anda hanya dengan menggerak-gerakkan bagian dari tubuh Anda. Lakukan sesuatu dengan tubuh Anda. Lepaskan dan kosongkan pikiran Anda, tetapi kuasai tubuh Anda. Lakukan sesuatu yang sederhana: Berdiri, melihat ke langit-langit, dan putar-putar kedua bola mata Anda. Jangan katakan tentang pikiran Anda. Kemudian, berteriak dengan keras: YA, YA, YA, YA, YA, YA, YA! Anda akan melihat efek yang nyata pada suasana hati Anda. ”

5. Mengubah pikiran Negatif

Ingat, pikiran Anda sangat memengaruhi apa yang Anda lakukan, dan itulah yang paling menentukan suasana hati Anda. Bagaimana kita berpikir dan bagaimana kita melakukan sesuatu harus berjalan beriringan dan harus mengubah sikap Anda.

Ini dasar penting dari seluruh Terapi Perilaku. Memutus siklus pikiran negatif dapat mencegah perilaku negatif dan dapat menghilangkan sikap negatif. Anda harus mulai menyaring segala sesuatu yang dapat membahagiakan Anda. Anda akan terus tidak puas dalam hidup karena Anda cenderung selalu menggeneralisasi pikiran negatif sehingga hidup Anda selalu dibayangi pengalaman buruk. Jadi buka pikiran Anda, ada banyak kejadian positif di luar sana, dan itulah yang akan memberikan kebahagiaan.

6. Yakin Anda berhasil: Ini nasihat penting: Jangan pernah menyerah, yakinlah bahwa segala sesuatu akan berjalan baik, dan setiap masalah ada solusinya.

7. Dua hal yang tidak boleh Anda tunda untuk melakukannya, agar hati Anda menjadi tenteram dan bahagia: berbakti kepada orang tua dan berbuat kebajikan! [dari berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s